Mie Atep Belitung

mie atep belitung

 

Warung Mie Atep merupakan salah satu warung legendaris di Belitung. Terletak di  jalan Sriwijaya, lokasinya hanya 300 meter dari Tugu Batu Satam di pusat kota Tanjung Pandan, Belitung. Wisatawan yang berkunjung ke Belitung selalu menyempatkan diri untuk mampir ke warung mie Belitung ini setibanya dari bandara H. AS. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan. Tak heran kalau pagi sampai sekitar jam 11, warung mie ini selalu sesak, bahkan antri. Foto-foto artis dan orang ternama, yang pernah berkunjung ke warung ini, dipajang ramai menghiasi dinding warung ini.

Mie Atep menyajikan mie khas Belitung. Yaitu itu mie kuning, kol dan sedikit sohun direbus bersama, kemudian disiram dengan kaldu udang yang dikentalkan dengan sedikit kanji. Ditambah dengan irisan tahu, kentang, timun dan ditaburi emping. Dulu mie ini disajikan dalam daun pohon simpor, sejenis pohon yang kuning buah dan bunganya, dan merupakan ciri khas daun pembungkus di Belitung tempo dulu. Sekarang sudah jaman modern, jadi disajikannya dalam mangkuk.

Selain mie khas Belitung, warung Mie Atep juga menyediakan nasi Tim Tandjung khas tempo dulu. Minuman andalan warung Mie Atep adalah Es jeruk kunci yang terbuat dari jeruk kecil asam dengan aroma segar.. Satu porsi Mie Atep harganya IDR 12,000 dan Es Jeruk Kunci IDR 6000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *